Bupati Malang Sanusi Dinobatkan sebagai Anggota Kehormatan Pagar Nusa

Bupati Malang Sanusi Dinobatkan sebagai Anggota Kehormatan Pagar Nusa
Seni Budaya
Bupati Malang Sanusi dinobatkan sebagai anggota kehormatan Pagar Nusa di Pendopo Kabupaten Malang, Minggu (05/07/2020).

KABUPATEN MALANG - Bupati Malang HM Sanusi dinobatkan sebagai anggota kehormatan Pagar Nusa saat hadir dalam istighotsah dan rapim cabang Pagar Nusa Kabupaten Malang di Pendopo Malang, Minggu (05/07/2020).

Sanusi merupakan sosok yang penting di balik perkembangan Pagar Nusa di Kabupaten Malang. Apalagi Sanusi pernah belajar Pagar Nusa saat masih menempuh pendidikan di Ponpes Raudlatul Ulum 1 Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

"Saya menyambut baik kegiatan ini dan saya apresiasi atas terlaksananya acara ini. Karena ini menjadi momentum dan komitmen Pagar Nusa untuk terus konsisten merawat seni budaya bela diri pecak silat NU," pungkas Bupati Malang Sanusi.

Sanusi berharap Pagar Nusa bergerak semakin dinamis dan konsisten dalam upaya menjawab tuntutan zaman dan eksistensi di masyarakat. Apalagi di masa pandemi corona ini, ia meminta Pagar Nusa agar berperan serta menyelamatakan masyarakat dari serangan virus corona.

"Saya yakin kalau Pagar Nusa ikut disiplin dan mendisiplinkan masyarakat dengan pakai masker, cuci tangan, jaga jarak syarat itu tetap harus dilakukan. Kalau ada yang tidak pakai masker tegur, jangan sungkan. Pagarilah bangsa ini jangan sampai terkena covid," ujar Sanusi.

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta agar Pagar Nusa turut menjaga NKRI dan Keutuhan Bangsa.

"Mari kita jaga NKRI, kita jaga keutuhan bangsa, keselamatan bangsa, seperti yang dicanangkan Pagar Nusa, mencanangkan diri sebagai penjaga pagarnya NU dan bangsa," ujar Sanusi.

Sebagai Bupati Malang, Sanusi berkomitmen untuk mengembangkan Pagar Nusa di Kabupaten Malang. Sebab di Kabupaten Malang banyak kesenian dan budaya yang mengandung gerakan bela diri.

"Saya mau Pagar Nusa harus ditampilkan kalau ada acara-acara dari KONI atau IPSI. Selama ini kurang perhatian, mulai sekarang perhatikan Pagar Nusa. Kalau KONI dan IPSI tidak perhatikan berarti juga tidak memperhatikan Bupati, karena sekarang saya sudah diberi kartu anggota kehormatan," canda Sanusi disambut tawa peserta istighotsah.

Tidak lupa juga, Sanusi berpesan agar anak-anak diajari bela diri sejak kecil seperti di Pagar Nusa. Agar tidak takut membela kebenaran.

"Harus berani membela kebenaran, kita harus mempunyai benteng perisai. Kita tidak boleh takut, dan takutlah hanya kepada Allah," ujar Bupati Malang Sanusi.


Kontributor : Swandy Tambunan
Editor : Chandra Kirana
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar