Curi Lima Kotak Amal Masjid, Pria Asal Lamongan Ini di Ringkus Polisi

Curi Lima Kotak Amal Masjid, Pria Asal Lamongan Ini di Ringkus Polisi
Peristiwa Daerah
Ahmad Bashori saat diminta memerankan aksinya di Mapolres Tuban

TUBAN - Seorang pria Ahmad Basori (33), warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, terpaksa berurusan dengan Polres Tuban, lantaran mencuri kotak amal di beberapa Mushola dan Masjid yang ada di wilayah Kabupaten Tuban dan Lamongan. 

Spesialis pembobol kotak amal ini di ringkus jajaran Reserse Mobil (Resmob) pada (16/06) lalu di sebuah warung kopi yang berada di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menjelaskan, dari keterangannya, selama kurang lebih tiga bulan terakhir ini, pelaku sudah lima kali beraksi. Dan sasarannya ialah mushola dan masjid yang berada di wilayah Tuban dan Lamongan. 

"Pelaku ini sudah lima kali beraksi. Dan berhasil kita tangkap di sebuah warung kopi tanpa perlawanan," terang Kapolres Tuban saat press release di Mapolres setempat. Senin, (06/07/2020). 

Agar tidak dicurigai oleh warga, pelaku mengenakan sarung saat beraksi. Namun naas, aksinya terekam kamera CCTV yang terpasang di sudut mushola dan masjid, sehingga memudahkan aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. 

"Dari kelima aksinya itu, pelaku sempat terekam CCTV dengan mengenakan sarung, agar warga tidak curiga. Dan rata-rata, pelaku melancarkan aksinya pada dini hari," ungkap mantan Kapolres Madiun. 

Adapun mushola dan masjid yang jadi sasaran pelaku, masing-masing, Mushola Al Furqon Desa Gesikharjo Palang, di masjid wilayah Paciran, Kabupaten Lamongan, masjid di Semanding, Tuban dan kotak amal di rumah makan Walisongo.

Pria kelahiran Ngawi ini mengungkapkan, dari kelima mushola dan masjid yang menjadi sasarannya tersebut, pelaku pernah mendapati kotak amal yang berisi uang antara Rp150 ribu sampai Rp3,5 juta. 

"Uang dari hasil pencurian digunakan untuk membeli handphone dan untuk kebutuhan sehari-hari," pungkasnya. 


Kontributor : Achmad Junaidi
Editor : Chandra Kirana
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar